Rabu, 08 Februari 2012

Kunjungan Wali Kota Kalimantan

Rektorat ITS, ( 7/2 ). ITK ( Institut Teknologi Kalimantan ) yang berada di Balikpapan, Kalimantan Timur masih dalam tahap pembangunan. Ia berkunjung ke ITS ini untuk membicarakan pembangunan Institut Teknologi Kalimanatan tersebut. Hal ini diungkapkan oleh Asisten III Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur H Sutarnyoto.

Menurut Sutarnyoto, pembangunan institut yang ditangani oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya ini pihaknya optimis bila pembangunan ITK akan berlangsung cepat, bahkan lebih cepat dari pembangunan yang dilakukan pada Institut teknologi yang berada di pulau Sumatera. "Dengan proses pembangunan yang cepat, kami yakin ITK akan dapat melakukan penerimaan mahasiswa baru sejak tahun ini,'' kata Sutarnyoto. Dalam pembangunan ITK, ITS sebagai eksekutor bekerja sama dengan pemerintah sebagai instruktor proyek ITK. Hingga saat ini, perwujudan ITK telah sampai pada tahap perencanaan masterplan.

Pembangunan ITK dengan areal 300 hektare ini diperkirakan akan berlangsung paling lambat hingga 2014. ITS sebagai pihak pelaksana pembangunan berperan besar dalam hal pengembangan ITK. Pendampingan ini akan terus dilakukan hingga akhirnya ITK mapan dan siap menjadi perguruan tinggi yang dapat berdiri sendiri. ''Sejatinya, ini adalah proses pemberdayaan sumber daya alam (SDA) maupun sumber daya manusia (SDM) khususnya yang berada di daerah Kalimantan,'' ujar Sutaryono.



Pembangunan ITK diperkirakan akan menelan dana sekitar Rp2,8 triliun, ujar " Suryanto " untuk lahan 200 hektare ( ha ).Saat ini lahan yang sudah beres 60( ha ). Pemerintah Provinsi ( Pemprov ) dan kota Balikpapan diharuskan menyiapkan 200 hektare di kawasan industri Kariangau KM 13 Jalan Soekarno Hatta.

1 komentar: