Jumat, 27 Januari 2012

Seputar ITS ( INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER )


ITS ( Institut Teknologi Sepuluh Nopember ) merupakan salah satu perguruan tinggi  di Surabaya yang terkenal dengan kemajuan teknologinya. ITS terletak di Jl. Arif Rahman Hakim, Surabaya. Tepatnya tanggal 10 Nopember 1957 ITS diresmikan oleh presiden Soekarno. Sejak berdiri hingga perkembangannya sekarang ITS memiliki 5 fakultas yakni FMIPA( Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam ), FTI( Fakultas Teknologi Industri ), FTSP( Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan ), FTK( Fakultas Teknologi Kelautan  ), FTIF( Fakultas Teknologi Informasi ).

Jurusan Teknik Sistem Perkapalan (JTSP) atau Marine Engineering adalah salah satu jurusan yang berada di dalam Fakultas Teknologi Kelautan ITS Surabaya, yang mempunyai kompetensi utama di bidang rancang-bangun dan rekayasa sistem yang berada pada bangunan di atas air / lepas pantai.  JTSP mempunyai tanggung jawab yang sangat besar terhadap perkembangan bidang keilmuan ini, karena secara nasional hanya di JTSP sajalah yang memiliki Core Competence bidang Marine Engineering ( Kompetensi inti bidang Rekayasa Laut ) dengan jenjang setara S1.

pada tahun 1960, didirikanlah Fakultas Teknik Perkapalan (FTP) ITS di Surabaya. FTP ini mengalami kesulitan antara lain belum adanya dosen tetap. Atas usaha kerja keras semua civitas akademika maka mulai tahun 1969 Fakultas Teknik Perkapalan mempunyai dosen tetap dan meluluskan mahasiswa. Pada tahun 1976 dimulai kerja sama dengan luar negeri yaitu dengan Republik Federal Jerman.

Dalam kerja sama ini telah dilakukan pengiriman tenaga pengajar untuk belajar keluar negeri, bantun alat-alat laboratorium, dan pengiriman tenaga ahli ke Indonesia. Pada tahun 1982 Fakultas Teknologi Kelautan (FTK) ITS, didirikan sesuai Keputusan Presiden No. 58 tahun 1982 dan merupakan pengembangan dari Fakultas Teknik Perkapalan. Fakultas ini mencakup dua jurusan, Teknik Perkapalan (Naval Architecture) dan Teknik Permesinan Kapal (Marine Engineering), yang kemudian pada 1983 didirikan Teknik Kelautan (Offshore Engineering). Pada tahun 1996 terjadi pembakuan nama jurusan di lingkungan pergurungan tinggi dan nama Jurusan Teknik Permesinan Kapal dibakukan menjadi Jurusan Teknik Sistem Perkapalan.


Salah satu Fakultas yang ada di ITS


6 komentar:

  1. Wah keren dhek tulisannya. Sudah mbentuk beritanya. Tapi ada yang salah nih, fakultasnya hanya ada 5 bukan 7. Kalau 7 nanti masuk ke dalam 7 keajaiban dunia dong. :)

    BalasHapus
  2. hahahha tidak apa" bersyukur mbk kalo its masuk 7 keajaiban dunia. :)

    BalasHapus
  3. beritanya kurang apa mbk tyas??

    BalasHapus
  4. Kalau bentuk berita, tidak menuliskan tentang opini sendiri. Seperti kalimat "Ternyata bukan hanya mereka saja saya justru berminat sekali untuk melanjutkan di ITS."

    Tapi untuk awalan, sudah bagus kok. Tinggal sering-sering latihan buat menulis berita.

    Blognya juga bisa diisi yang lainnya lho. Misal pengalaman di sekolah atau yang lain. Dan bebas cara penulisannya. Tidak selalu berita. Kecuali kalau itu tugas seperti yang saya sampaikan kemarin.

    BalasHapus
  5. okey mbak makasi atas bantuannya:)

    BalasHapus
  6. "Dimana setiap fakultas itu terbagi lagi menjadi beberapa jurusan. Jurusan Teknik Sistem Perkapalan (JTSP) atau Marine Engineering..." Dhek kok tidak nyambung ya saya mbacanya?

    O ya fotonya tidak mewakili beritanya. Itu foto Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS). PPNS ini bukan merupakan salah satu jurusan di ITS. Tapi dia setara dengan fakultas.

    BalasHapus